Jumat, 11 Juni 2010


Makam Syeh Kh. Akhmad Muttamakkin
Inilah salah satu objek wisata religi yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Pati, Makam Syeh Akhmad Muttamakkin yang terletak di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso yang terkenal sebagai kampung pesantren.

Lokasi makam berjarak sekitar 18 kilometer dari Kota Pati, dengan kondisi jalan yang sudah beraspal, semakin memudahkan para peziarah untuk datang ke makam tersebut, dibandingkan dengan kondisi beberapa tahun sebelumnya.

Untuk menempuh lokasi makam, pengunjung harus melewati jalan kampung yang berjarak sekitar empat kilometer dari Jalan Pati-Jepara. Meski cukup jauh, pengunjung tidak perlu bersusah payah dengan berjalan kaki, karena tesedia sejumlah transportasi, seperti ojek, andong, hingga angkutan umum yang melintasi jalan menuju makam.

Syeh Ahmad Muttamakkin merupakan salah seorang wali yang memiliki karomah dan berjasa besar dalam perintisan dan penyebaran Agama Islam. Ahmad Muttamakin juga sangat disegani karena kegigihannya melakukan dakwah ke sejumlah daerah.

Tak heran, setiap memperingati hari ulang tahunnya pada tanggal 10 Muharam ribuan pengunjung dari sejumlah daerah di tanah air memadati kawasan makam. Bahkan, pada hari biasa, makam tetap ramai peziarah dari sejumlah daerah di Jateng dan sekitarnya.

Pertumbuhan ekonomi warga sekitar makam, cukup pesat selama lima tahun terakhir yang ditandai dengan munculnya toko klontong, toko kitab yang menyediakan sejumlah kebutuhan para peziarah, seperti tasbih, kitab, kopiah, hingga kebutuhan untuk beribadah lainnya juga tersedia, hingga warung makan.

Tidak ada komentar: